BISNIS PAYTREN (SEPERTINYA HANYA) MONEY GAME BARU

Kemarin dapat informasi dari Kakak, mengenai bisnis Paytren. Katanya ini merupakan bisnis yang dimiliki oleh Ustadz Yusuf Mansyur, nama yang belakangan selalu identik dengan bisnis bernuansa Islami.

Kedengaran menarik saya langsung coba untuk daftar, dengan biaya Rp. 350.000,-, karena dengar-dengan kita bisa dapat potongan sampai dengan 17%.

Tapi.. wait..wait, hampir saja transfer, saya penasaran dan coba-coba browsing mencari kebenaran informasi tersebut. Benarkah kita dapat cash back 17% setiap transaksi yang kita lakukan. Ternyata, setelah cari kesana-kemari, hasilnya nihil. Paytren hanya menawarkan komisi cash back sebesar Rp. 75,- untuk transaksi pembelian pulsa, dan Rp. 1.000,- untuk transaksi pembelian selain pulsa. Saya sudah cari by browsing, tetap saja tidak bisa menemukan kalimat yang menyebutkan kita akan mendapat cash back 17% pada setiap transaksi kita. Akhirnya saya pun membatalkan atau menunda transfer yang sedianya hampir saya lakukan, tinggal klik yes saja di HP saya, dan akhirnya memutuskan untuk mencoba mencari informasi lebih dalam.

paytren-newAkhirnya setelah membaca beberapa artikel yang saya temukan, saya berkesimpulan bahwa ini tidak lebih hanya money game biasa yang sering saya temukan. Sekali lagi ini pendapat saya, dengan tidak bermaksud merugikan salah satu pihak. Paytren ini, yang logonya dan warnanya mirip Payoneer, hampir serupa dengan EniMart, yang sebelumnya pernah saya ikuti dan gagal. Seperti di EniMart, saya pun memperkirakan ini tidak lebih dari money crowding biasa, dengan modus pengumpulan dana pendaftaran dari anggota, dengan iming-iming cash back yang sangat tidak seberapa tersebut. Uang yg diputar semata-mata adalah uang para anggota itu sendiri, kalaupun ada bonus maka itu mungkin dari keuntungan perputaran uang yang didapat dari banyaknya anggota yang mendaftar.

Paytren tidak punya hubungan secara langsung ataupun perjanjian dengan pihak ketiga, sehingga sebenarnya sama sekali tidak ada hubungan secara bisnis dengan mitra-mitra mereka. Paytren hanya membayarkan uang yang kita titipkan kepada mereka, untuk dibayarkan ke penyelenggara jasa seperti PLN, PAM, operator telepon, dan lain sebagainya. Dan mereka mendapat sedikit keuntungan dari potongan harga yang mereka berikan dan itulah yang dibagikan ke kita. Jadi tidak ada yang namanya potongan 17% hanya Rp. 75,- dan Rp. 1.000,- tadi. Jadi ini tidak lebih dengan apabila Anda menyisihkan saja sendiri uang Anda setiap Rp. 75,- atau Rp. 1.000,- tiap Anda melakukan transaksi tanpa harus keluar uang Rp. 350.000,-

Sekali lagi ini pendapat saya semata, dan belum tentu saya yang benar juga dalam analisa ini. Saya hanya mengingatkan, biasanya apabila seseorang hendak menipu kita, maka sisi keserakahan kita yang mereka serang, karena itulah sisi lemah kita. Untuk itu, sebalum Anda terlanjur mengeluarkan uang pendaftaran, yang minimal Rp. 350.000,- pikirkanlah dengan baik, apakah Anda akan sanggup untuk menabung Rp. 75,- atau Rp.1.000,- dan berharap akan kaya seperti iklan mereka? Secara bisnis plan, ini mirip sekali dengan Enimart. Tidak punya hubungan secara langsung dengan pihak ketiga, tapi mengambil uang pendaftaran. Sungguh hal yang aneh.

Jadi satu-satunya jalan untuk berhasil di bisnis ini, ya dengan menjual keanggotaan sebanyak-banyak pada orang yang kita kenal, dengan menjual sosok Yusuf Mansyur atau dengan slogan cashback tersebut, karena dengan merekrut, kita mendapat Rp. 75.000,- dari setiap anggota baru. Dan kitapun bisa mendapat keuntungan dari tiap transaksi yang downline kita lakukan.

MLM? Semua bisnis pasti mengandung MLM, karena MLM adalah struktur usaha yang paling hakiki. Dimana-mana, pasti ada piramida, bahkan di kantor tempat bekerja. Tidak mungkin orang yang sudah lebih senior, yang bekerja lebih dulu dan lebih keras dari kita hasilnya sama dengan orang yang baru masuk. Tentu hal seperti itu juga bukan keadilan namanya.

Namun di Paytren ini dijanjikan bahwa kerangka piramida akan dibuat seadil-adilnya, mengkin seadil kita membagi kasih sayang apabila poligami, sehingga tidak ada yang dirugikan, dan hanya yang bekerja saja yang mendapatkan keuntungan. Anggota yang pasif, bisa dikeluarkan dari sistem jaringan sehingga tidak mendapatkan apa-apa, digantikan oleh orang-orang yang bekerja lebih giat dari dirinya.

Selamat mencoba, namun tetap berhati-hati sebelum melangkah.

6 thoughts on “BISNIS PAYTREN (SEPERTINYA HANYA) MONEY GAME BARU

  1. Tinggal bagaimana kalian menyikapinya…

    Tapi Mau kan, kalo tiap bulan dikasih gajian dr paytren 20jt/bulan…

    Info pendaftaran paytren silahkan invite pin 5D1F1CB4
    WA : 081902750101

  2. nukilan dialog dengan member paytren:
    (+) Penak banget ya nang Paytren >> kerjanya aktif di media sosial seminggu dibayar / gajian …

    (-) Samshiday Semua tergantung niatnya, media sosial kan slh satu media sbgimana TV beriklan, bersponsor untuk menarik konsumen, saya kira nggak ada yg salah mas. Menggunakan medsos utk promosi, tul apo tul ?

    (–) paytren klu masalah penghasilan di dapat dari paytren itu nggak tentu tergantung dari anda sendiri selain utk sarana mempermudah melakukan pembayaran paytren jg menggunakan sistem MLM semakin banyak jaringan yg anda kembangkan semakin banyak hasil yg anda dapatkan

    (–) paytren bonus sponsor 75 rb,bunus pasangan 25 rb,bonus generasi 2 rb,bonus pengbangan generasi 1 rb blum lagi di tambah cadh back dari transaksi yg anda lakukan dan cash back dari transaksi jaringan di bawah anda

    (-) Kalau hal itu dianggap suatu kesalahan, bagaimana org org yg kerjanya di TV di media cetak, di radio dan di agen periklanan dll ?

    #ketahuan moneygame nya ya.. jawaban yg satu nya gak nyambung

  3. benar gan, kalo aq udah dari awal di prospek ama temenku sendiri tentang paytren, tetapi aku tolak karna setelah aq cari informasi dll hampir bisa dipastikan bahwa paytren suatu saat akan bisa menghebohkan indonesia … heboh krn akan banyak yg tertipu

    buat jual pulsa aja kok harus daftar, lha itu banyak server pulsa elektrik yg menerima agen/reseller dan gratis, kemudian ciri lainnya bahasa marketing mereka sangat muluk, mulai dari teori keuntungan bisnis ini dinikmati segelintir orang sajalah dll, biasanya orang2 yg bodoh dan ambisius bisa ditipu dengan marketing seperti ini

    yach tinggal menunggu waktu saja kapan meledaknya bisnis ini, apakah akan seheboh MMM atau tidak … lumayan boo karna yg dijual itu profil seorang ulama’ yg harusnya itu mengurusi moral dan akidah umat, bukan buat mengurusi masalah bisnis

    • Ya memang begitu keadaannya. Sementara ada Romo yg berteriak-teriak mendukung KPK malah dianggap berpolitik. Padahal menurut saya, pemimpin agama ya harus berpolitik dan berdiri dibelakang kepentingan rakyat, tapi jangan jd pelacur politik seperti kebanyakan pengamat ya. Tapi berpolitik membawa suara rakyat secara murni, mendengar common sense, dan menyuarakan keadilan dan kebijakan. Bukannya malah asyik berbisnis atau nyari sumbangan aja kerjaannya, hadeeuuhhhh tobaattt. Intinya, meskipun tidak menipu, tapi yang jelas, sepertinya paytren ini tidak ada hubungan langsung dengan pengelola bisnis. Dia hanya numpang sok sibuk aja menjadi pengelola, ujung-ujungnya ngumpulin duit anggota, tanpa manfaat yang jelas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s