UPDATE WINDOWS TIDAK PENTING

Bagi pengguna aplikasi software komputer atau handphone, pasti sering menemukan pesan untuk update aplikasi dimaksud. Begitupun dengan operating system Microsoft Windows. Apa sebenarnya urgensi dan manfaat dari update ini? Hanya Tuhan dan Microsoft yang tahu.

Ada beberapa hal yang saya amati dari proses update ini, diantaranya seperti :

Memperlambat kinerja komputer; proses downloading update secara otomatis, kadang membuat komputer kita berjalan lambat, hal ini karena di background komputer kita melakukan download untuk file-file update tersebut, dan apabila koneksi internet Anda atau jaringan Anda sedang padat karena mungkin sedang meng-update juga, maka hal itu mempengaruhi kinerja komputer itu. Komputer pada saat itu biasanya akan terasa berat.

Proses instalasi yang lama; jangan kaget kalau pada saat pertama kali Anda menginstal operating system Windows Anda, lalu secara otomati komputer melakukan update windows, maka saat komputer dinyalakan, ia akan meminta kita untuk menunggu proses instalasi update sampai selesai, yang kadang untuk update pertama kali, bisa memerlukan waktu 24jam!

Lalu apa manfaatnya update tersebut?

Tidak ada produk yang sempurna, tentu saja, dengan produk aplikasi yang rumit tidak mungkin kita mengharap suatu produk akan diluncurkan dengan sempurna, pasti akan ada perbaikan-perbaikan, nah fungsi update itu adalah untuk mendistribusikan update tersebut secara online, sehingga kita tidak perlu menginstal aplikasi dengan versi terbaru, tapi cukup instal updata atau patch-nya saja secara online. Hal ini cukup praktis dan sangat membantu.

Selain itu, update ini juga bisa jadi untuk membedakan mana produk yang original dan mana yang bajakan, karena hanya software asli saja yang memiliki akses untuk mendapatkan update secara berkala secara otomatis. Inilah makanya jangan heran kalau produk bajakan akan sering terkena masalah, apalagi kalau software bajakan itu coba-coba di update.

Update juga kadang berisi driver-driver baru dari vendor selain pembuat aplikasi. Misalnya perusahaan printer, atau modem, atau yang lainnya, dengan produk aplikasi yang baru, terkadang diperlukan pula update dari driver device tersebut, yang dititipkan ke update aplikasi Windows.

Karena itu dapat saya simpulkan, bahwa beberapa update tersebut, lebih penting bagi Windows daripada bagi kita sendiri, karena sering update yang dilakukan tidak diperlukan oleh perangkat komputer kita saat ini.

Untuk itu, bagi saya, lebih baik untuk melakukan update manual, ketimbang menerima saja pasrah dari yang Windows berikan kepada kita. Yang agak menjengkelkan, kadang kalau spesifikasi komputer kita lawas, setelah di update malah ada beberapa aplikasi lain yang sebelumnya berjalan mulus, menjadi terganggu.

Untuk itu, biasakan sebelum melakukan update kita membuat restore point sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka kita dapat me-restore ulang kondisi komputer kita ke settingan sebelum masalah terjadi. Namun tidak usah khawatir, pembuatan restore point ini selalu dilakukan otomatis oleh Windows sebelum melakukan update.

Yang terpenting, seperti yang diingatkan oleh Windows, DO NOT TURN COMPUTER OFF, jangan dilanggar, karena akibatnya Windows akan crash, dan akan perlu banyak tenaga dan waktu untuk memperbaikinya malah kadang-kadang tidak bisa lagi diperbaiki. Untuk itu, harap bersabar saat prose situ dilakukan, Anda bisa meninggalkannya dan kembali beberapa jam setelahnya tentu saja.

Kesimpulannya, update aplikasi Windows diperlukan, tapi kadang juga tidak harus, karena apabila perangkat kita sudah berjalan optimal dengan kondisi sekarang, maka update itu boleh dikatakan tidak diperlukan, terkecuali ada penambahan device lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s