KEBIASAAN MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA

Saya terkadang miris, kalau sedang berjalan ke tempat-tempat wisata, atau pun sekedar taman-taman yang ada di dekat tempat tinggal. Betapa masih banyak orang kita yang tingkat kesadaraannya sangat rendah untuk sekedar membuang sampah pada tempatnya. Mereka seakan tidak perduli dengan kebersihan. Yang lebih konyol lagi, kadang saya melihat ada orang yang seenaknya saja membuang sampah dari dalam mobil. Bingung juga, bagaimana orang dengan enaknya membuang sampah begitu saja ke tengah jalanan, tanpa merasa bersalah. Apakah mereka tidak menyediakan tempat sampah di mobilnya? Atau mereka tidak pernah diajarkan membuang sampah pada tempatnya.

buang-sampah

Benar-benar miris saya melihat hal seperti ini. Bisa dibayangkan, bagaimana tingkat pendidikan yang mereka dapatkan dirumahnya, atau etika dan tatakrama yang diajarkan dalam keluarganya. Itulah makanya, saya kadang suka tertawa getir kalau melihat orang mencoba membandingkan kita dengan negara maju seperti Singapura, Jepang, Korea, dan lainnya. Heyy..lihat bangsa kita, boro-boro mau ada disiplin dalam etos kerja, dalam membangun kebiasaan sederhana saja kita tidak punya.

Ini sebenarnya adalah kebiasaan kecil, yang saya yakin di sekolah pun kita sudah diajarkan, yaitu membuang sampah pada tempatnya. Seperti saya, saya ajarkan anak-anak saya untuk membuang sampah di tempat sampah, bahkan kalau tidak ada, mereka harus menyimpannya dulu sampai menemukan tempat sampah. Kebiasaan ini saya tanamkan sejak dini, sehingga berubah menjadi kebiasaan dan keharusan. Inilah yang seharusnya ditanamkan pada setiap kita, untuk bisa menjaga kebersihan, ketertiban, dan kepedulian, karena hal ini merupakan dasar dari membangun suatu tatanan hidup yang lebih baik.

Bagaimana kita bisa mengharapkan orang untuk tidak korupsi atau merugikan orang lain, kalau dalam dirinya tidak ditanamkan sikap disiplin dan bisa mengendalikan diri sendiri, dari yang sederhana. Karena kalau yang sederhana saja tidak bisa, jangan harap dapat melakukan hal yang lebih rumit lagi.

Apabila tatanan ini sudah bisa dibangun dari sejak anak kecil, sekaligus juga yang tua-tua tentunya bisa melakukannya, maka alangkah indahnya negeri ini. Kota-kota kita akan bersih, antrian teratur, tidak ada lagi orang yang harus bertengkar atau desak-desakan memperebutkan sesuatu, tidak ada lagi orang yang korupsi, wow.. betapa indah dan bermartabatnya bangsa kita. Saat itu, barulah kita bisa membandingkan negara kita dengan negara-negara maju seperti Singapura, Jepang, Korea, China, dan lainnya.

Mari, mulailah dari sesuatu yang sederhana, ajarkan anak kita dan diri kita sendiri, untuk bisa menjaga kedisiplinan, dalam menjaga kebersihan. Setidaknya, itu adalah sesuatu yang bisa kita banggakan nantinya pada anak cucu kita, bahwa kita pernah mencoba berubah menjadi lebih baik, dan beradab.

Salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s