MODUS PENIPUAN JUAL BELI MOBIL

Anda sedang akan menjual sesuatu, mobil, rumah, atau apapun dan Anda mengiklankannya di media umum? Koran, online, radio, atau lainnya? Sebaiknya Anda harus sangat berhati-hati, karena sekarang ini banyak modus-modus penipuan yang caranya cukup kreatif. Salah satunya adalah yang telah saya amati.

Kemarin saya berniat menjual mobil saya, lalu saya memasang iklan di media online. Tak berapa lama, ada orang yang mengaku Dokter Agung menelepon saya, katanya dia berminat dengan mobil saya tersebut, dan ingin membelinya. Anehnya dia langsung ingin memberikan DP, padahal saya sudah minta dia untuk mengecek kendaraan saya tersebut.

Akhirnya dengan agak ragu, saya pun memberikan nomer rekening saya. Beberapa jam kemudian orang ini menelepon saya mengatakan bahwa dia sudah melakukan transfer ke nomer rekening yang saya berikan tersebut, dan meminta saya untuk ke ATM memeriksa apakah transferan tersebut sudah masuk atau belum dengan alasan dia khawatir tidak sampai.

Dari awal saya memang sudah curiga dengan gelagat orang ini. Karena itu saya tidak ke ATM tapi saya hanya cek dari internet banking, dan benar saja, uang yang dia katakana akan ditransfer tidak ada di rekening saya, tapi saya tidak melepon dia, karena saya yakin ini hanya penipuan.

Ciri-cirinya :

  1. Dia menyebut nama dengan gelarnya; aneh sekali seperti akan memamerkan status sosial, sok eksis banget…
  2. Dia mau transfer uang padahal belum tahu alamat saya dan kondisi kendaraan saya, pede banget…
  3. Dia memaksa saya untuk memeriksa ke ATM; emang Siti Nurbaya dipaksa
  4. Uang tidak pernah ditransfer ke rekening saya; PHP

Saya tidak tertipu karena sudah yakin ini penipuan.

Modusnya adalah :

  1. Berpura-pura salah transfer sehingga membuat Anda menghubungi mereka di depan ATM. Di sana nanti mereka akan melakukan gendam, hipnotis, atau rayuan sehingga ujung-ujungnya, justru Anda yang akan mentrasfer sejumlah uang ke mereka. Dengan alas an salah transfer-lah, salah nama, dan sebagainya.
  2. Modus lain adalah, mungkin mereka mentrasfer sejumlah uang, tapi nanti pas pada harinya, mereka akan datang memeriksa keadaan kendaraan atau barang yang akan kita jual, dan dengan berbagai alasan mereka menggagalkan transaksi tersebut dengan alasan tidak sesuai dengan gambar di iklan lah, dan lain-lain, yang ujung-ujungnya mereka akan meminta pengganti transport dan uang yg telah mereka transfer sebelumnya. Biasanya mereka akan datang dengan teman-temannya yang sangar-sangar tampangnya.

Itu adalah modus-modus yang saat ini lagi nge-trend, mudah-mudahan, tidak ada dari kita semua yang termakan oleh buaya-buaya got macam mereka ini, yang mencari nafkah dan menghidupi keluarga istri dan anaknya dari cara menipu orang.

Untuk itu tips saya adalah :

  1. Gunakan nama orang lelaki dalam iklan Anda, kalau Anda wanita tentunya, karena penipu biasanya agak segan bicara dengan lelaki, karena biasanya penipu-penipu ini adalah laki-laki. (mungkin nanti ada juga modus menggunakan wanita…wooww..boleh juga tuh)
  2. Jangan pernah menerima DP, kecuali orang tersebut sudah melihat kondisi barang yang akan kita jual. Kalau dia sudah setuju malah justru kita yang harus meminta DP.
  3. Untuk transaksi pembayaran dalam jumlah yang besar, sebaiknya langsung di bank terdekat, sehingga saat pembayaran dan penyerahan uang dapat kita pinjam sekaligus setor menggunakan mesin hitung uang mereka. (saya pernah percaya sama orang setor tunai, ternyata ada beberapa ikatan yang isinya kurang selembar 100 ribuan, lumayan nyesek

Demikian informasi dari saya, semoga bisa bermanfaat, dan jangan sampai tertipu.

Leave a Reply

