MENCARI DRIVER UNKNOWN DEVICE

Anda pasti pernah melakukan instal ulang komputer Anda, entah itu karena komputer kena virus, beli komputer baru, ganti sistem operasi, atau karena hal lainnya. Masalah format harddisk dan instalasi biasanya akan dilewati dengan aman, problem biasanya baru ada sewaktu kita instalasi driver, apalagi kalau CD drivernya hilang. Untuk mencari driver, Anda bisa download di website yang bersangkutan, dengan mengecek tipe dan model perangkat tersebut, kalau tipe dan mereknya bisa Anda identifikasi demgam baik tentunya.

Setelah urusan driver selesai di download, harusnya masalah telah diatasi, namun kadang kita menemukan ada beberapa device yang ternyata tidak terinstal drivernya, sehingga diberi lambang tanda seru dengan latar belakang segitiga warna kuning. Apa yang terjadi?

Kejadian seperti ini bisa disebabkan oleh dua hal, pertama yang umum, driver salah, atau belum diinstal. Yang kedua, perangkat tersebut memang rusak. Pertama kita harus mengatasi masalah yang pertama dulu, asumsi driver belum terinstal. Kita mungkin lupa atau tidak tahu, device apa yang error tersebut, karena disitu tidak disebutkan nama devicenya, bagaimana kita bisa tahu driver apa yang diperlukan?.  Untuk itu, kita bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut.

Buka my computer, dan device manager, sehinggak seluruh device tampak, lalu klik kanan device yang unknown tadi, pilih property, lalu masuk ke menu details, disitu Anda akan melihat Driver Id. Copy informasi yang ada id Driver ID tersebut, dan masukkan di kolom pencarian Mbah Google.  Dari situ, Anda akan menemukan, keterangan-keterangan mengenai merk, tipe, dan lain-lain, yang akan memudahkan Anda untuk mendapatkan driver yang diperlukan.

Device Mgr

Device Manater

Anyway, kalau setelah driver yang benar diinstal tapi perangkat masih seperti itu, atau malah mungkin komputer menjadi hang atau restart, maka kemungkinan besar kerusakan adalah pada perangkat hardwarenya, mungkin harus ada penggantian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s