Windows7 System Backup

Ada satu feature yang sangat menarik dan sangat membantu dalam Windows7, yaitu Backup and Restore. Feature ini menurut saya sangat membantu, daripada feature System Restore yang sudah ada sebelumnya. Karena aplikasi ini benar-benar membuat image dari harddisk Anda secara bulat, sehingga apabila di restore nantinya akan benar-benar bulat pula, tidak hanya yang berubah saja tapi keseluruhan partisi yang kita backup akan dikembalikan ke saat kita membuatnya. Sama persis seperti apabila kita menggunakan Norton Ghost.

Hebatnya lagi, apabila kita mengalami masalah dengan harddisk kita, maka kita tinggal boot up komputer kita menggunakan CD Windows7, pilih Repair, dan tinggal kita tentukan image yang kita akan restore, maka keseluruhan image akan di restore dengan sempurna.

Untuk itu, apabila Anda telah selesai menginstal komputer Anda yang tentu saja dengan susah payah dan makan banyak waktu, maka ada baiknya untuk melakukan prosedur ini. Jadi jika ada masalah, Anda tinggal me-restore-nya saja, maka Windows Anda akan kembali ke posisi semula saat Anda backup.

Ada pengalaman menarik saya dengan restore ini. Kemarin komputer saya bermasalah lalu saya restore dengan image yang pernah saya buat. Di dalamnya pernah saya instal Kaspersky yang saat ini sudah expire. Setelah saya restore, Kaspersky saya ternyata balik lagi seperti semula, dan kembali valid, bahkan setelah tanggal system dikembalikan ke tanggal hari ini dan kembali aktif seperti belum expire. Tidak disangka saja, ternyata Kaspersky punya kelemahan seperti ini. Lumayan juga, jadi aktif lagi satu tahun..he..he..

Untuk itu Anda perlu menggunakan fasilitas ini, dan Anda bisa menemukannya di Start – All Programs – Maintenance – Backup and Restore.

Do this before do sorry later…

Leave a Reply

