Memilih Mesin Absensi Sidik Jari

Kantor-kantor saat ini tentunya banyak yang sudah menggunakan absensi sidik jari. Dengan alat ini diharapkan tidak ada pegawai yang melakukan kecurangan dengan nitip absen, juga ketepatan dan kepraktisan dalam membuat laporan yang diperlukan. Dengan laporan darimesin ini, maka perhitungan lembur, terlambat, yang lebih jauh berhubungan dengan penggajian dapat dilakukan. Namun dalam hal ini saya hanya akan membahas sedikit mengenai pemilihan mesin absensi itu sendiri dari sudut hardware.

Setiap pembelian pasti kebanyakan yang jadi tolok ukur adalah harga, walau banyak pula yang berpatokan pada mutu, merek dan pelayanan purna jual. Dari segi harga, jenis yang murah adalah tipe mesin absensi sidik jari yang tidak menggunakan display LCD. Nah, hal ini lah yang ingin saya coba ulas.

Banyak kelemahan dari mesin absensi tanpa sidik jari ini. Dari harga memang pastinya lebih murah. Kendala yang pasti muncul dari pemilihan tipe mesin tanpa LCD ini adalah :

1. Anda tidak dapat mem-verifikasi diri sendiri, apakah data yang masuk benar atau tidak.
Jika kita menggunakan versi tanpa LCD, maka tidak ada tampilan yang bisa kita jadikan patokan apakah jari kita diidentifikasi dengan benar. Misal ID kita nomer 34, maka saat kita absen seharusnya angka 34 ditampilkan untuk verifikasi bahwa kita teridentifikasi dengan benar.

2. Anda tidak bisa dengan tepat memberitahu mesin apakah ini absen masuk, pulang, atau hanya door access.
Tanpa tombol dan LCD, mesin hanya akan mengambil data awal dan data terakhir saja dari user yang otomatis akan dianggap sebagai absen masuk dan absen pulang. Kejadian akan rumnya apabila mesin tidak mengidentifikasi dengan benar user yang seharusnya. Hal ini terkait dengan masalah tidak adanya display untuk verifikasi data user seperti di poin pertama sebelumnya. Contoh, apabila kita menggunakan mesin dengan display LCD dan tombol, maka kita akan diharuskan menekan tombol tertentu untuk memberitahu mesin bahwa ini absen masuk atau absen keluar. Sehingga input data menjadi lebih akurat. Sedangkan yang tanpa menekan tombol tidak masuk dalam kalkulasi dan hanya sebagai door access saja.

Demikian, jadi saya harap, jangan terkecoh oleh sales yang ingin menjual produk murah, tapi nantinya tidak sesuai dengan kebutuhan kita, sehingga akhirnya barang murah tersebut menjadi mahal juga karena membutuhkan tambahan prosedur penggunaan yang lebih rumit atau bahkan tidak akurat.

Non LCD FT-300N

Not recommended System

One thought on “Memilih Mesin Absensi Sidik Jari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s