Batasi Penggunaan Bandwidth Internet Kantor Anda

Sebagai IT kita sering dihadapkan pada client-client yang kurang bertanggungjawab. Dengan tanpa dosa menggunakan internet sebesar-besarnya bagi kemakmuran diri sendiri. Sementara orang yang benar-benar kerja malah kehabisan bandwidth. Biasanya, IT lah yang jadi sasaran untuk kekesalan pengguna lain apabila internet dirasa lambat (yang kalo internet cepat, nggak ada yang ngasih kado…). Cara mengatasinya sebenarnya ada bermacam-macam trik, dengan bermacam-macam kerumitannya juga. Karena kita termasuk dalam IT yang kurang rajin, maka disini saya hanya akan share cara gampangnya saja, walau bukan gampangan.

Blocking url bisa jadi makan waktu dan perasaan. Apa kita tega ada anak manis di kantor kita yang jadi cemberut lantaran tidak bisa buka facebook atau twitter? Kasian khan… Kalau kita block download jg kita repot juga menentukan apakah yang di download itu penting atau tidak? Bisa jadi mp3 yang didownload adalah file pekerjaan yang disalin dalam bentuk lagu, bukan tidak mungkin khan? misalnya jingle suatu produk, kita tidak bisa tahu dengan pasti. Salah-salah malah kita kena omel lagi.

Untuk itu, maka saya sarankan untuk menggunakan Session Limit. Session Limit adalah pembatasan jumlah sambungan internet. Contoh, apabila kita menggunakan software download semacam File Download Manager, atau FIleZilla, maka kita bisa lihat bahwa session yang terjadi pasti lebih dari banyak. Maksudnya banyak sekali. Nah, inilah yang bikin lambat internet kita. Untuk itu, maka dengan mudah kita tinggal batasi saja di rule router kita, bahwa maksimum session-nya misalkan 100 atau 50. Umumnya, sekitar 100 harusnya sudah normal. Untuk client yang Anda anggap tidak memerlukan internet berlebih, bisa Anda batasi di 50. Jadi, mereka bisa tetap download, Andapun tidak perlu kena komplain dari divisi yang memerlukan internet cepat. Ngopi dulu ahhh….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s