Router Dual WAN Murah TP-Link

Bukan mau promosi ( karena nggak dibayar juga), tapi cuma mau sharing aja. Mumpung lagi setting kantor baru, saya coba router multi WAN ‘murah’ buatan TP-Link. Tipenya TL-R480T+.

Lumayan tangguh juga. Mengusung 5 port dan port konsol mirip Cisco (:p), router ini sangat fleksibel dan mudah dioperasikan. Sangat membantu untuk IT Admin yang kurang rajin seperti saya. Dengan interface yang GUI, tentu saja lebih mudah untuk mengajari staff lain apabila ada masalah dengan jaringan internet.

Dari ke 5 port yang ada, semua bisa di set, apakah mau jadi WAN semua, atau jadi LAN semua, sangan fleksible, sehingga kalo diperlukan bisa 4 port digunakan semua untuk WAN, sementara keluaran LAN menggunakan 1 port yang memang dedicated untuk output LAN.

Router ini juga memiliki setting VLAN built ini, dimana port yang ada bisa dijadikan VLAN yang berbeda yang bisa diatur untuk saling berhubungan atau tidak, dan tetap mengakses pada gateway yang sama. Sehingga tidak perlu menggunakan proxy untuk setting keluaran gateway internet. Meskipun sayangnya kita tidak bisa membuat VLAN sendiri. Jadi boleh dibilang ini Virtual VLAN  :P…Karena VLAN yang ada hanya berbasis pada LAN yang kita buat sebelumnya. Jadi kita tidak bisa membuat VLAN baru dengan segmen yang berbeda. But it’s oke, lah…

Untuk feature-feature lainnya, advance standard, ada Limit Session, IP & Domain Filtering, Qos, NAT Filtering dan lain-lain yang umum ada dalam router standard.

Untuk harga sekitar 1 juta, alat ini saya pikir cukup tangguh, ketimbang kita menggunakan router PC, jika tentu saja penggunaan atau pengaturan jaringan di kantor Anda tidak terlalu rumit atau memerlukan firewall yang berbelit-belit.

Kelemahan router multi WAN seperti ini relatif sama, pengaturan load balancing terkadang malah menyebabkan internet tersendat. Untuk itu, alokasi pembagian jalur WAN secara manual masih menjadi pilihan yang lebih baik, sehingga pemakaian internet semakin maksimal, ketimbang kita mengandalkan router untuk membagi internet secara otomatis.

Selamat mencoba!

TL-R480T+

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s