PROBLEM CETAK LAPORAN APLIKASI PAJAK E-SPT PPN 1111

espt-ppn

Pagi ini dapat komplain karena divisi akunting di kantor, tidak bisa cetak dengan ukuran yang benar, laporan pajak dengan menggunakan software dari kantor pajak e-SPT PPN 1111. Bukannya tidak tercetak tapi hasil cetakan tidak penuh, bahkan jika dilihat, di preview-nya juga tidak penuh.

Saya perhatikan, memang program pajak ini ada kekurangan  dalam masalah printing, sedangkan di kantor pajak, mereka menuntut, ukuran pencetakan harus sama persis dengan form yang mereka miliki.

Setelah diamati selama sepenanakan nasi (kayak cerita silat ajahhh..), akhirnya saya pun memiliki solusi sebagai berikut :

  1. Problem pencetakan karena ada perbedaan ukuran kertas. Kita tahu bahwa ukuran kertas yang digunakan di printer umumnya adalah ukuran Legal 8.5” x 14” ok sudah benar. Tapi kenapa hasilnya tidak sama dengan form asli dari kantor pajak? Jawabannya : karena ukuran Legal itu panjangnya 14” sedangkan kalau kita ukur kertas yang kita anggap Legal itu panjangnya hanya 13”. Jadi kertas tersebut, yang umum disebut Folio di Indonesia, bukan ukuran Legal, melainkan F4, atau di beberapa tipe printer dikenal sebagai US Folio. Jadi pilihlah ukuran kertas dengan US Folio, bukan Legal. Lalu bagaimana kalau pilihan kertas tersebut tidak ada? Pilihan kertas memang somehow dipengaruhi oleh tipe printer yang kita install. Tapi jangan khawatir, kalau tidak ada kita bisa masuk pilihan custom  untuk membuat ukuran tersebut sendiri. Misalnya, kita buat ukuran custom dengan nama Pajak, dengan ukuran 8.5” x 13.00”. Maka hasil print Insya Allah akan benar sekarang. Yang penting, hasil preview harus benar, maka hasilnya akan benar. Apabila hasil preview terpotong, jangan harap hasil print out-nya akan full. Jadi sebelum melakukan pencetakan, perhatikan dulu print preview-nya dan cari cara agar hasil print preview sesuai dengan yang kita inginkan sebelum melakukan pencetakan.
  2. Hal unik dan menjengkelkan lainnya adalah, apabila kita sudah setting ukuran kertas dengan custom 8.5” x 13.00” tapi hasil preview ataupun print out-nya tetap terpotong. Somehow hal ini terjadi, seperti yang pagi ini terjadi di kantor saya. Problemnya, karena program tersebut tidak tahu kalau kita sudah punya ukuran costumized dengan nama Pajak tadi. Karena program pajak tidak sadar dengan adanya settingan customized tersebut, tapi hanya mengenal ukuran-ukuran kertas yang default saja.

Solusinya, install printer (boleh langsung atau  network) yang memiliki pilihan kertas US Folio. Contohnya seperti Samsung SCX-4521. Atau mungkin Anda bisa cek di komputer-komputer lain yang punya dan bisa menghasilkan pilihan kertas US Folio. Dan setelah itu printer tersebut HARUS DIJADIKAN DEFAULT walaupun Anda tidak akan print pada printer tersebut.

Nanti saat melakukan pencetakan dengan program e-SPT PPN 1111, barulah ganti pilihan printer Anda dengan printer yang Anda gunakan, dan pilih pilihan kertas custom yang telah Anda buat tadi dengan nama Pajak. Karena pastinya ukuran US Folio tidak tampil, jadi Anda gunakan pilihan kertas yang telah Anda buat sebelumnya dengan ukuran 8.5” x 13.00”

Kecuali apabila Anda memang ingin menggunakan printer yang punya pilihan US Folio, maka langsung saja Anda pilih ukuran kertas US Folio tersebut.

Demikian semoga bermanfaat. Dan semoga tetap rajin membayar atau minimal lapor Pajak.

Satu lagi, problem ini tidak hanya terjadi pada e-SPT PPN 1111 tapi hampir pada semua aplikasi e-SPT PPN . Jadi silakan menggunakan trik ini apabila ada masalah dengan pencetakan laporan pajak Anda.

Have a nice day…

About these ads

17 thoughts on “PROBLEM CETAK LAPORAN APLIKASI PAJAK E-SPT PPN 1111

    • Kalo filenya dibuka udah keluar angka yg acak2an dan tanggal modifiednya sudah betul, berarti ya harusnya sudah betul. Kalo pengen yakin ya di import aja ke csv nya ke xcel lagi, kalo hasilnya bener berarti udah bener… Yang penting jangan sampe kena virus aja USB-nya, bisa ditolak sama orang pajaknya kalo lg nggak pada nggak mood n tanggal tua…

  1. saya sudah mengisi pajaknya dengan benar pada saat dilihat satu persatu dari B3, B2, B1, A2, A1, dan AB… tapi kok pada saat di print yang hanya muncul AB, A1 dan A2 yah yang lainnya ngga ada :(

    • Sorry baru bales… karena yg dilaporkan hanya laporan SPT induk saja, maka lembar atau form2 lain tdk tercetak, kalau mau cetak, silakan pilih save as pdf, dari situ baru nanti dicetak. Saya undang ikutan survey ya, kalau lg nggak sibuk ngurusin pajak, daftar dan dapatkan hadiahnya… Ini penyanyi dangdut yg lagi naik daun ya??? Lam knal dong…

  2. maaf , saya menggunakan printer canon mg2470 dan saya sudah cba cara ini tpi masih ttap terpotong padahal di print preview tidak
    apa ada cara lain ya gan ?

    • Ada 2 cara bro (sekaligus pilih nomer 2 ya..he..he..) pertama, save dokumen itu sebagai pdf, khan ada pilihannya di menu cetak, setelah itu baru di cetak dalam bentuk PDF, cara ke 2 : instal printer lain, misalkan Anda dalam network ya connect ke printer lain dan jadikan printer tersebut sebagai default, namun pas melakukan print pilih printer yang ada atau terpasang di komputer Anda. Kalau tidak ada printer di network, instal saja printer lain walau printer itu tidak ada dan jadikan sebagai default. Instal printer yg umum seperti HP dan lain2. Mudah2an berhasil and let me know the progress…

  3. Tlg saya ga bisa print 1111ab, a2, b2. Udah disetting pake 8.5×13 tetap ga bisa. Margin kanan kiri atas bawa ga tau.

    • Gampang mas bro. Save as PDF aja dulu baru nanti di print. Somehow kalo program menganggap ada yg salah, dia nggak bisa di print. Saya jg belum pasti kenapa, yg jelas save aja dulu as pdf baru nanti di print ya, ada khan di tombol atas itu save as pdf-nya. Bisa jg instal foxit suite, nanti print to pdf dulu baru setelah itu di print ke printer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s